Senin 29 Dec 2014 03:30 WIB
AirAsia hilang

Singapura Kirimkan Dua Kapal Lagi Cari QZ8501

Rep: Satya Festiani/ Red: Indira Rezkisari
Konter Air Asia di bandara Changi, Singapura.
Foto: AP/Wong Maye-E
Konter Air Asia di bandara Changi, Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA - Singapura mengirimkan dua kapal lagi untuk membantu pencarian pesawat Air Asia QZ8501. Menteri Pertahanan (Kedua) Singapura, Chan Chun Sing, mengirimkan Formidable-class frigate (RSS Supreme) dan Missile corvette (RSS Valour) pada pukul 23.55 untuk membantu pencarian.

Kementerian Pertahanan Singapura juga menyiapkan kapal tank untuk pendaratan dan kapal selam. "Saya percaya bahwa hubungan yang kuat antara Indonesia dan Singapura yang telah terjalin selama bertahun-tahun akan membuat kami lebih mudah bekerja sama dalam melakukan pencarian," ujar Chan, seperti yang dikutip dari Strait Times, Ahad (28/12).

Sebelumnya, Angkatan Laut Singapura mengirimkan pesawat C130 pada pukul 5 sore untuk mencari AirAsia QZ8501. Pesawat tersebut tiba di lokasi pencarian pada pukul 18.30 petang dan melakukan pencarian selama dua jam.

Pesawat tersebut berhenti mencari setelah Pemerintah Indonesia menghentikan pencarian sementara karena cuaca buruk. Singapura rencananya akan mengirimkan dua pesawat lagi pada Senin (29/12).

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura mengatakan akan mengirimkan petugas untuk membantu tim SAR Indonesia. Biro Investigasi Kecelakaan Udara di Kementerian Perhubungan Singapura juga menawarkan dua spesialis dan dua set pendeteksi bawah air untuk membantu pencarian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement