Ahad 28 Dec 2014 09:33 WIB

Nama-Nama Ini Diusulkan Jadi Wantimpres

Rep: c08/ Red: Esthi Maharani
Ray Rangkuti
Foto: Republika/Wihdan
Ray Rangkuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti mengharapkan pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo adalah pemerintahan yang tidak mengabaikan nasehat dan masukan dari Dewan Pertimbangan Presiden. 

Presiden, kata Ray, harus memfungsikan Wantimpres sesuai dengan yang diatur di dalam pasal 4 ayat (1) UU No 9 Tahun 2006, yaitu memberikan pertimbangan dan nasehat kepada presiden dalam  menjalankan kekuasaan pemerintahan negara.

Untuk itu, Ray mengharapkan agar orang-orang yang dipilih menjadi Wantimpres adalah orang-orang yang tepat, punya wibawa dan kearifan yang dalam. Selain itu orang-orang ini haruslah punya kemampuan untuk memberi saran dan pandangan penuh kedalaman kepada presiden terkait dengan dinamika persoalan berbangsa dan berngera. 

"Bagaimanapun mereka (Wantimpres) akan menjadi bagian penting dalam pengambilan keputusan kebijakan politik yang akan ditempuh oleh presiden," kata Ray kepada Republika Online, Ahad (28/12).

Ray pun kemudian mengusulkan beberapa nama yang harus diperhitungkan oleh Presiden Jokowi untuk masuk ke dalam jajaran Wantimpres.

Mereka adalah Buya Syafi’i Ma’arif,  KH. Hasyim Muzadi,  Romo Magnis Soeseno, Jimly Asshiddiqie, Todung Mulya Lubis, Ignas Kleden, H.M Dja'far Shiddiq, Chalid Muhammad dan Jaleswari Pramodhawardani. 

Ray menilai nama-nama dari perpaduan kalangan senior dan juga junior ini akan dapat memiliki keahlian dan kearifan di bidangnya masing-masing dalam membantu Jokowi dalam mengambil keputusan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement