Ahad 28 Dec 2014 00:01 WIB

Selamatkan Dagangan, Pedagang Pasar Klewer Nekad Tembus Kobaran Api

Rep: Edy Setyoko/ Red: Agung Sasongko
Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --  Informasi terbakarnya Pasar Klewer cepat menyebar ke masyarakat. Terutama pedagang pemilik kios yang berasal dari Kota Solo. Pemilik kios berdatangan, dan mencoba menyelamatkan barang dagangan.

Namun, upaya penyelamatan dilatang petugas, karena kondisi membayakan. Pemilik kios bisa kejatuhana atap bangunan yang rapuh terbakar.

Petugas polisi maupun Satpol PP sibuk  berupaya mencegah pedagang yang hendak menyelamatkan barang dagangan. Beberapa orang masih nekad menembus kobaran api. Namun, dicegah petugas. Peringatan suara lewat pesawat megaphone, agar pedagang tidak nekad masuk lokasi kebakaran.

Pasar Klewer tanpak sebagian atap kerangka bangunan. Sebagian lain, sudah runtuh, rapuh dilalap api. Separuh kerangka bangunan ambrol, setelah kobaran api menyurut.

Pemilik kios renteng masih bisa menyelamatkan barang dagangan. Ini karena masih aman dari kobaran api.

Pedagang dalam suasana panik, berhasil menyingkirkan barang dagangan berupa pakaian, tas, sepatu, jaket, ikat pinggang, maupun beragam asesoris lain.

Kios renteng ini tidak terkena api tetapi pedagang berusaha mengamankan barang dagangan mereka. Saat ini situasi pasar sangat sibuk. Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan mengevakuasi, karena jalur evakuasi dipadati pedagang, maupun pengunjung yang ingin melihat kebakaran.  

Pedagang juga sudah berupaya memindahkan barang-barang dagangan. Saat ini seluruh pedagang dan masyarakat di pasar dilanda kepanikan.

Kusbani memperkirakan, api berasal dari korsleting di bangunan sebelah Selatan pasar. Api terus membesar dan asap membubung tinggi hingga ke sekitar Pasar Klewer, yaitu Gajahan dan Kauman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement