Sabtu 27 Dec 2014 16:22 WIB

Faisal Basri: Hapus Premium Cara Mudah Singkirkan Mafia Migas

Rep: C82/ Red: Yudha Manggala P Putra
Faisal Basri
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Faisal Basri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri mengatakan, usulan penghapusan Ron 88 (Premium) adalah salah satu cara untuk menyingkirkan para mafia migas. Ia pun memberikan perumpamaan kepada perlawanan terhadap mafia tersebut.

"Karena paling mudah untuk menyingkirkan setan-setan adalah dengan membuat ruangan menjadi terang. Jadi, ini membuat kita mengetahui ada siapa di taman migas itu sehingga bisa kita pantau perilakunya. Sedemikian mudah," kata Faisal dalam sebuah acara diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/12).

"Kemudian, momennya ini juga tepat karena harga minyak sedang turun," ujarnya menambahkan.

Faisal mengatakan, tugas dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang ia pimpin adalah untuk menganalisis dan mendeteksi proses migas dari hulu ke hilir. Selanjutnya, tim akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar perkebunan migas tidak mudah dijarah oleh pihak lain. "Prinsip bahwa ruang terang tetap ada setan itu benar, tapi mereka tidak leluasa bergerak," kata Faisal.

Ia pun menambahkan, Indonesia harus terus melakukan perbaikan dan perubahan ke arah lebih baik.

"Kita harus berubah, kalau tidak kita digilas perubahan. Insya Allah yang kami lakukan adalah yang terbaik untuk masyarakat. Ikhwal ada yang dirugikan, ini bukan surga, ini dunia, tentu ada yang seperti itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement