Jumat 26 Dec 2014 21:45 WIB

Menhub Jonan Tinjau Pelabuhan Ambon

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON-- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Kota Ambon, ibu Kota Provinsi Maluku untuk meninjau sejumlah fasilitas di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon.

Menteri Ignasius didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff langsung meninjau proyek pembangunan perpanjangan dermaga laut Ambon sepanjang 54 meter tahun anggaran 2014 dan perluasan area kontainer.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi dan Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismael juga ikut mendampingi Menteri Perhubungan itu. Menteri memantau dari dekat proses penyelesaian perpanjangan dermaga laut Ambon, yang secara bertahap pembangunannya dimulai tahun 2011-2015 dengan menelan anggaran sebesar Rp56 miliar yang bersumber dari APBN dengan total keseluruhan panjang 112 meter dan lebar 35 meter.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon, Capt H Ali Ibrahim sebagai penanggungjawab pembangunan perpanjangan dermaga sisi laut itu, ikut mendampingi Menteri Iganasius, sekaligus memberikan penjelasan terkait proses penyelesaian yang direncanakan akan selesai pembangunan tahap akhir pada 2015.

"Tujuan pembangunan perpanjangan dermaga sisi laut ini untuk memenuhi kebutuhan yang semakin banyaknya kontainer masuk di pelabuhan Ambon, sehingga kapal-kapal kargo bisa bersandar lebih dari satu," kata Capt Ali, disela-sela kunjungan Menteri Perhubungan itu.

Menurut Ali, jika pembangunan perpanjangan dermaga ini sudah selesai, maka empat buah kapal kargo dalam waktu yang bersamaan bisa bersandar di luar kapal penumpang. "Saya kira ini tujuan perpanjangan dermaga maupun perluasan area kontainer," ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Ignasius memantau terminal keberangkatan dan kedatangan penumpang Pelabuhan Yos Soedarso Ambon, baik terminal kelas maupun ekonomi. Yang mendapat perhatian serius Menteri adalah fasilitas toilet calon penumpang.

Selanjutnya, Menteri juga memantau dua buah kapal penumpang yakni Kapal Pangrango yang dikelola PT Pelni dan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 34. Saat naik di atas dua kapal tersebut Menteri Ignasius juga sempat meninjau langsung ke toilet calon penumpang ini dilakukan untuk memastikan kondisi toilet penumpang dalam kondisi bersih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement