Kamis 25 Dec 2014 22:56 WIB

Peringatan Tsunami Aceh, JK Ziarahi Kuburan Massal Siron

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indah Wulandari
Museum Tsunami Aceh
Foto: Wikipedia
Museum Tsunami Aceh

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH--Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri peringatan 10 tahun tsunami Aceh. Sekaligus berziarah ke kuburan massal Siron di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Dikutip dari jadwal resminya, JK juga akan mengunjungi museum tsunami Aceh serta masjid raya Baiturrahman yang menjadi saksi dahsyatnya bencana gempa bumi dan tsunami 2004.

Setelah itu, JK akan menghadiri acara peluncuran buku 10 tahun tsunami serta pelantikan pengurus dewan masjid Indonesia provinsi Aceh.

Hari ini, Kamis (25/12), JK didampingi istrinya Mufidah Jusuf Kalla mendarat di Aceh beserta sejumlah menteri. Mereka di antaranya, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Selain itu, hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan serta MenPAN RB Yuddy Chrisnandi.

Bencana tsunami setinggi puluhan meter yang melanda Aceh pada 2004 telah menewaskan ratusan ribu orang. Bencana ini didahului dengan bencana gempa bumi berkekuatan 9,3 SR di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut di Pulau Simeulue.

Pemerintah pun telah menggelontorkan dana sekitar Rp 30 triliun guna pembangunan infrastruktur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement