Selasa 23 Dec 2014 17:30 WIB

Hujan Es dan Angin Ribut di Lereng Gunung Merapi

Rep: edy setiyoko/ Red: Erdy Nasrul
Hujan es, ilustrasi
Foto: Blogspot
Hujan es, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BOYOLALI -- Hujan es dan angin ribut melanda wilayah lereng Gunung Merapi. Seperti, Kecamatan Manisrenggo, Kemalang dan Kebonarum, Kabupaten Klaten. ''Bunyi air hujan yang jatuh ke genting keras sekali. Setelah saya tengok keluar rumah, ternyata hujan es,'' kata Wisnu Subroto (30), seorang warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang.

Kendati hujan eas da angin ribut bukan fenomena baru, Wisnu mengatakan, ''butiran hujan es tetap menarik perhatian warga untuk mengambil. Dulu pernah hujan es seperti ini, jadi kami tidak kaget lagi''.

Sementara, hujan deras disertai angin kencang menerpa Desa Talun dan Desa Panggang. Akibatnya, sebuah tiang listrik ambruk dan sebuah rumah warga mengalami rusak berat karena tertimpa pohon tumbang. ''Untung saja tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Saat ini, puing-puing reruntuhan pohon dan rumah sudah dibersihkan warga,'' ucap Cahyo Saputro (42), warga Desa Talun.

Informasi dihimpun, bukan hanya pohon tumbang dan rumah rusak, hujan deras juga berimbas pada tiga unit truk terjebak di sungai Desa Bumiharjo, Kemalang. Ketiga sopir berhasil menyelematkan diri saat truk terseret air dari aliran sungai ini. Kemungkinan, air di sungai ini mengalir karena di puncak Merapi hujan cukup lebat. Kejadian seperti ini jarang terjadi di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement