Senin 22 Dec 2014 16:15 WIB

Perkebunan Kakao Sumbar Capai 150 Ribu Hektar

Kakao
Kakao

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Luas lahan perkebunan kakao di Sumatera Barat (Sumbar) pada 2014 mencapai 154.129 hektare dengan produksi mencapai 88.967 ton/tahun, kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar Fajaruddin. Menurut dia, luas lahan dan produksi kakao itu meningkat pesat sejak lima tahun terakhir. "Kita berupaya mendorong masyarakat untuk memperluas lahan dan jumlah produksi. Selama lima tahun terakhir luas perkebunan kakao di Sumatera Barat bertambah sebanyak 53.115 hektare dari awalnya hanya 101.014 hektare pada 2010," kata dia di Padang, Senin.

Seiring dengan bertambahnya luas perkebunan kakao, produksi kakao di Sumbar juga bertambah cukup signifikan. "Tahun 2010, produksi kakao Sumbar hanya 49.638 ton pertahun. Angka itu meningkat pada tahun 2014 menjadi 88.967 ton pertahun atau meningkat sebesar 39.329 ton," kata dia.

Menurut dia, penambahan lahan tersebut cukup memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat terutama petani, karena 100 persen lahan kakao di Sumbar dimiliki oleh petani. "Potensi kakao dan kualitas kakao kita cukup bagus. Apalagi petani kita masih punya lahan untuk dikembangkan," kata dia.

Menurut dia, bertambahnya luas lahan dan produksi kakao itu karena tanaman itu bisa ditanam dengan memanfaatkan lahan rumah petani yang tidak terlalu luas. "Memiliki beberapa batang tanaman kakao telah bisa memberikan nilai lebih dari segi ekonomis, karena itu cukup banyak masyarakat yang tertarik untuk menanam kakao di lingkungan rumah mereka," kata dia.

Seiring dengan sambutan baik masyarakat terhadap tanaman kakao itu, Dinas Perkebunan Sumbar menurut dia juga memberikan pembinaan kepada kelompok-kelompok tani terutama terkait bibit berkualitas dan proses pemeliharaan. Dengan demikian, produksi kakao di Sumbar terus bisa ditingkatkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement