Jumat 19 Dec 2014 10:45 WIB

Penyebaran HIV/AIDS Terus Meningkat

Statistik HIV AIDS di Indonesia
Statistik HIV AIDS di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,LEBAK -- Penderita "human immunodeficiency virus"/"acquired immuno deficiency syndrome" atau HIV/AIDS di Kabupaten Lebak, Banten, mayoritas berusia produktif sehingga perlu pencegahan mulai dari keluarga hingga lingkungan. "Kami terus berupaya agar penyebaran penyakit HIV/AIDS dapat ditekan semaksimal mungkin melalui penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat," kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah saat dihubungi di Lebak, Kamis.

Ia mengatakan penderita terkena HIV/AIDS itu akibat jarum suntik, narkoba, danjuga hubungan seks bebas.

Ia mengatakan kebanyakan mereka penderita berusia produktif sehingga menjadikan ancaman terhadap generasi penerus. Untuk itu, pihaknya mengoptimalkan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kepada kalangan pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan dan lainya.

Kegiatan penyuluhan itu guna menekan kasus penyebaran penyakit yang mematikan karena hingga kini belum ditemukan obat penyembuhannya. Penyebaran penyakit HIV/AIDS tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan data RSUD Adijarmo Rangkasbitung sejak 2000 hingga 2014 tercatat warga Lebak yang dinyatakan positif HIV/AIDS sebanyak 142 orang dan 40 diantaranya meninggal.

Pendataan itu saat pasien menjalani perawatan medis pada rumah sakit tersebut. "Kami meminta warga tidak melakukan hubungan seks berganti-ganti pasangan, karena berpotensi terkena HIV/AIDS,termasuk penggunaan jarum suntik narkoba," ujarnya.

Dia menyebutkan, kebanyakan usia muda yang terkena positif HIV/AIDS karena mereka seringkali melakukan hubungan intim dengan pekerja seks komerial (PSK). Selain itu juga penggunaan jarum suntik narkoba dan perlu hati-hati serta diwaspadai. "Kami minta masyarakat ikut berpartisipasi melakukan pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS itu," katanya.

Menurut dia, kegiatan penyuluhan itu bertujuan meningkatkan pemahaman tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

Sebab penyakit tersebut bisa menularkan kepada siapapun jika melakukan hubungan seks dengan yang terjangkit positif itu. Sebab ibu rumah tangga yang dilaporkan terjangkit HIV/AIDS akibat tertular dari suaminya yang kerapkali melakukan hubungan seks bergantian pasangan. "Kami minta masyarakat perang terhadap seks bebas dan narkoba guna mencegah penyakit HIV/AIDS," katanya.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement