Selasa 16 Dec 2014 19:41 WIB

Soal Pembentukan Kantor Perwakilan KPK Daerah, Ini Kata DPR

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
KPK
Foto: Republika
KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa mendukung rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk kantor perwakilan daerah di tiga zona: barat, tengah, dan timur. 

Sepanjang, rencana itu bisa menguatkan peran KPK dalam memberantas praktik korupsi di Indonesia. "Kami mendukung. Kami setuju semangat KPK," kata Desmond saat dihubungi Republika, Selasa (16/12).

Kendati begitu, Desmond mengaku belum mendengar langsung rencana tersebut dari KPK. Menurutnya, pembentukan kantor perwakilan KPK perlu dibahas bersama Komisi III. "Kami belum mendengar rencana itu. Makanya perlu dibicarakan bersama," ujarnya.

Pembicaraan antara Komisi III dan KPK perlu dilakukan karena menyangkut anggaran tambahan yang diperlukan KPK. Karena pembentukan kantor perwakilan KPK di daerah akan berimbas terhadap penambahan jumlah pegawai dan dana operasional. "Kita perlu bicara terkait anggaran," ujarnya.

Pembentukan kantor perwakilan KPK di daerah tidak akan menimbulkan tumpang tindih penindakan kasus korupsi dengan Polri dan kejaksaan. Sebab, undang-undang telah mengatur pembagian fungsi dan tugas antara ketiga institusi tersebut.

Desmond justru optimistis pembentukan kantor perwakilan KPK di daerah akan memacu kinerja kepolisian dan kejaksaan dalam memberantas korupsi di daerah. Sebab kepolisian dan kejaksaan juga tidak ingin kinerja mereka dinilai buruk oleh masyarakat.

"Tinggal bagaimana kepolisian dan kejaksaan terpicu meningkatkan kinerja yang kurang," katanya.

Pembicaraan antara Komisi III dan KPK akan dilakukan begitu masa reses DPR berakhir pada pertengahan Januari 2015.

Sebelumnya KPK berencana membangun kantor perwakilan di beberapa zona di Indonesia. Misalnya saja, si zona barat akan dipusatkan di Medan, Sumatra Utara. Zona tengah di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan zona timur di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement