Senin 15 Dec 2014 22:08 WIB

Menteri Desa Luncurkan Situs Indonesia Membangun

Marwan Jafar
Foto: Republika/Wihdan
Marwan Jafar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Ja’far meluncurkan situs pedesaan terintegrasi, www.indonesiamembangun.id.

"Situs ini tidak hanya berisi situs pemerintah saja tetapi juga situs kelurahan, kecamatan, badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa di seluruh Indonesia," ujar Marwan saat peluncuran, Senin (15/12).

Dia menjelaskan, situs tersebut terintegrasi satu sama lain, sehingga pemenuhan kebutuhan data dan informasi yang diperlukan dapat terhubung secara otomatis.

"Sehingga seluruh komponen bangsa baik pemerintah maupun swasta dapat dengan mudah menemukan dan mengakses informasi hanya dengan satu domain," jelas dia.

Situs desa tersebut juga dilengkapi layanan daring surat keterangan dan absensi pegawai. Dilengkapi  pula dengan cetakan blanko administrasi desa dan kelurahan.

Situs juga menampilkan data penduduk secara detail mulai dari RT hingga provinsi.

"Desa juga menggunakan email [email protected], bertujuan membentuk upaya Kementerian DPDTT dalam rangka mencegah korupsi mulai dari pemerintahan paling bawah yakni desa," papar dia.

Menteri Marwan menjelaskan hal itu merupakan bentuk pencegahan agar kepala desa dan perangkat-perangkat desa senantiasa memegang amanah tujuan pembangunan nasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement