Jumat 12 Dec 2014 08:33 WIB

Median Jalan Fatmawati Mulai Dibongkar untuk Bangun MRT

  Suasana pembangunan proyek MRT di daerah Blok M Jakarta Selatan, Jumat (17/10).   (foto: MgROL30)
Suasana pembangunan proyek MRT di daerah Blok M Jakarta Selatan, Jumat (17/10). (foto: MgROL30)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta melakukan persiapan pembangunan konstruksi layang (elevated) MRT di sepanjang Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan mulai hari Jumat (12/12).

"Kegiatan utama sebagai persiapan pembangunan konstruksi di sepanjang koridor tersebut saat ini adalah pekerjaan pembongkaran median jalan," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami.

Menurut Dono, pembongkaran median jalan tersebut merupakan bagian dari pekerjaan persiapan untuk aktivitas pembuatan konstruksi tiang bor pada koridor Jalan Fatmawati. "Tahapan pekerjaan ini juga dilakukan sebagai persiapan pembuatan konstruksi bangunan stasiun, depo, tiang penyangga, viaduct serta bangunan terkait proyek MRT lainnya," ujar Dono.

Dia menuturkan untuk tahapan pekerjaan persiapan tersebut, wilayah di sepanjang koridor Fatmawati-Cipete Raya-Haji Nawi akan terkena dampaknya hingga Februari 2015.

Lebih lanjut, dia memaparkan pekerjaan itu akan membutuhkan area konstruksi selebar enam meter pada median jalan, sehingga, akan berdampak pada penyempitan jalan pada kedua arah di sepanjang koridor Fatmawati-Cipete Raya-Haji Nawi. "Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat, khususnya para pengguna kendaraan yang melintasi Jalan Fatmawati agar dapat berhati-hati dan mencari jalur alternatif," ungkap Dono.

Pekerjaan pembongkaran tersebut dibagi menjadi dua tahap berdasarkan tipe dimensi median yang terdapat di sepanjang Jalan Fatmawati. Tahap pertama berlangsung pada 12 Desember hingga 11 Januari 2015, yaitu berupa pembongkaran median besar yang dimulai dari pertigaan Cipete Raya (depan Lotte Mart) melintasi Jalan Fatmawati menuju utara hingga depan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sedangkan tahap kedua berlangsung pada 12 Januari hingga 9 Februari 2015, yakni berupa pekerjaan pembongkaran median kecil yang akan dimulai dari area perempatan Jalan TB Simatupang (depan Apotik Ratna) melintasi Jalan Fatmawati hingga area pertigaan Cipete Raya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement