Kamis 11 Dec 2014 00:35 WIB

Malala Dianugerahi Nobel Perdamaian

Rep: Satya Festiani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kailash Satyarthi (kiri) dan Malala Yousafzai pada upacara di Oslo, Norwegia hari Rabu (10/12).
Foto: Reuters
Kailash Satyarthi (kiri) dan Malala Yousafzai pada upacara di Oslo, Norwegia hari Rabu (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Aktivis pendidikan asal Pakistan  Malala Yousafzai dianugerahi Nobel Perdamaian. Ia menjadi orang termuda yang pernah mendapatkan nobel tersebut.

Perempuan berumur 17 tahun tersebut menerima medali emas dan gelar diploma di Oslo. Nelson Mandela, Martin Luther King dan Aung San Suu Kyi adalah beberapa nama yang juga pernah memenangkan nobel tersebut.

"Nobel ini untuk anak-anak terlupakan yang menginginkan pendidikan. Ini untuk mereka yang menginginkan perdamaian. Ini untuk anak-anak yang meninginkan perubahan," ujar Malala dalam pidatonya, seperti yang dikutip dari BBC, Rabu (10/12).

Ia mengatakan bahwa kehadirannya di penghargaan Nobel tersebut untuk mewakili hak-hak anak-anak serta untuk menyuarakan keinginan mereka. "Sekarang saatnya untuk beraksi agar ini menjadi saat terakhir mereka tidak mendapatkan pendidikan," ujarnya.

Selain Malala, aktivis HAM asal India, Kailash Satyarthi juga mendapatkan nobel perdamaian atas perjuangannya untuk mendapatkan akses pendidikan bagi anak perempuan.

Keduanya mendapatkan Nobel dari Ketua Komite Nobel Norwegia dan disaksikan oleh King Harald V of Norway.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement