Selasa 09 Dec 2014 08:35 WIB

Yusril Bicarakan Tipe Pemimpin Ala Gus Dur

Gus Dur
Foto: Republika
Gus Dur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra membicarakan tipe-tipe pemimpin versi mantan Presiden Abdurahman Wahid atau kerap dikenal Gus Dur. Yusril mengatakan menurut Gus Dur, pemimpin ada tiga tipe.

"Alm Gus Dur (GD) pernah bilang ke saya bhw ada tiga jenis pemimpin dunia dalam kaitannya dg kerja dan bicara," kata Yusril dalam akun Twitter miliknya, @Yusrilihza_Mhd.

Tipe pemimpin yang pertama menurut Gus Dur, lanjut Yusril, adalah pemimpin yang sedikit bicara tapi banyak bekerja. Gus Dur bertanya kepada Yusril mau tahu contoh tipe pemimpin seperti itu. Gus Dur pun menjawab PM Jepang saat itu, Yoshiro Mori.

Selanjutnya tipe pemimpin yang kedua menurut Gus Dur adalah pemimpin yang bicaranya banyak tapi kerjanya sedikit. Gus Dur mencontohkan tipe pemimpin ini adalah PM India saat itu, Atal Bihari Vajpayee. Sedangkan tipe pemimpin yang ketiga adalah yang bicaranya banyak tapi kerjanya juga banyak.

 

"Ketiga pemimpin yg bicaranya banyak, kerjanya banyak juga. 'Contohnya siapa Gus' tanya saya. 'PM Mahatir dari Malaysia' jwb GD tenang," jelas Yusril.

Kemudian Yusril bertanya lagi, Gus Dur masuk tipe pemimpin yang mana. Gus Dur menjawab bahwa ia masuk jenis pemimpin yang keempat. Yusril bertanya tipe pemimpin yang keempat seperti apa. "Jawab GD, jenis yg keempat itu beda. Pemimpin jenis keempat itu 'lain yg dibicarakan, lain yang dikerjakan' kata GD sambil terkekeh2," ucap Yusril.

"GD guyon2 sama saya sehabis pertemuan ASEAN Plus Jepang, China dan India yg dihadiri para pemimpin tsb. Kl Pak Jokowi gimana ya?".

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement