Kamis 04 Dec 2014 13:39 WIB

Penderita HIV/AIDS Jember Didominasi Ibu Rumah Tangga

HIV/Aids
HIV/Aids

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencatat penderita HIV/AIDS di kabupaten setempat didominasi oleh kalangan ibu rumah tangga.

"Sekitar 30 persen dari 1.433 penderita HIV/AIDS di Jember merupakan ibu rumah tangga yang tertular penyakit mematikan itu dari suaminya," kata Humas Dinkes Jember, Yumarlis, Kamis (4/12).

Menurut dia, kalangan ibu rumah tangga sebenarnya bukan kelompok risiko tinggi tertular HIV/AIDS, namun kenyataannya di Jember kalangan ibu rumah tangga justru mendominasi orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Mereka tertular dari suaminya yang suka bergonta-ganti pasangan, namun ibu rumah tangga tersebut tidak tahu kalau suaminya terinfeksi virus HIV," tuturnya.

Setelah ibu rumah tangga, peringkat terbanyak kedua penderita HIV/AIDS adalah wiraswasta, dan ketiga pekerja seks komersial (PSK).

"Jumlah penderita yang meninggal dunia sekitar 400 orang dari total 1.433 penderita karena mereka sudah tahap stadium lanjut," ungkapnya.

Dinkes Jember, kata dia, berupaya menjalankan sejumlah program untuk mencegah meluasnya penularan HIV/AIDS di Jember antara lain memberikan pendidikan kepada pemilik tempat hiburan tentang penularan dan bahaya HIV/AIDS.

"Kami juga melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan larangan melakukan hubungan seks bebas kepada kalangan pelajar, supaya mereka tidak terjangkit HIV/AIDS," ujarnya.

Sementara itu, Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember menangani sebanyak 1.800 penderita HIV/AIDS sejak 2006 hingga akhir November 2014.

"Sebanyak 1.800 penderita itu tidak hanya berasal dari Jember, namun kabupaten tetangga seperti Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi," tutur kepala VCT RSD dr Soebandi Jember, dr Justina Evy Tyaswati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement