Selasa 02 Dec 2014 23:46 WIB

Pasien Mancanegara Mulai Lirik RS di Indonesia

Pasien rumah sakit.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra/ca
Pasien rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pasien dari mancanegara mulai percaya dan melirik sejumlah rumah sakit di Indonesia untuk tujuan berobat atau penyembuhan dari sakit.

"Sekarang, sudah banyak pasien dari luar negeri yang datang ke sini. Kemarin, pasien dari India dan Belanda ke sini," ujar Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT Bundamedik, Dr Ivan R Sini, Selasa (2/12).

Selama ini, sambung dia, masyarakat lebih percaya dengan rumah sakit di luar negeri terutama di Malaysia dan Singapura.

"Sekian ratus juta dolar AS dibawa masyarakat Indonesia ke luar negeri. Itu yang harus kita tarik kembali," tambah Ivan.

Beberapa upaya yang dilakukan untuk menggaet pasien dari luar negeri dengan melakukan inovasi dan menerapkan teknologi mutakhir.

"Kualitas tenaga kesehatan kita tidak kalah dengan luar negeri. Masyarakat Indonesia hendaknya memilih berobat di negeri sendiri karena kemampuan tenaga medis dan teknologinya tidak kalah dengan luar negeri serta biaya yang dikeluarkan pun sedikit," imbuh dia.

Rumah Sakit Bunda juga telah menerapkan bedah robotik. Bedah robotik adalah pembedahan yang menggunakan teknologi tangan robot, yang menjadi kepanjangan tangan dokter bedah.

Operasi yang bisa dilakukan dengan bantuan robot ini adalah operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim, dan pembedahan usus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement