Senin 24 Nov 2014 01:48 WIB

Kerajaan Majapahit Dianggap Representasi Indonesia

Rep: C74/ Red: Bayu Hermawan
Hiasan resmi kerajaan Majapahit, Surya Majapahit
Foto: ForumBudaya
Hiasan resmi kerajaan Majapahit, Surya Majapahit

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO -- Direktur Eksekutif Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Cartini Pritihari Kubontubuh mengatakan Kerajaan Majapahit merupakan representasi keselarasan nusantara. Untuk itu, penyelamatan situs peninggalan Kerajaan Majahpahit yang berada di Kabupaten Mojokerjo harus dilakukan.

"Nilai-nilai Pancasila, gotong royong, nilai-nilai yang Indonesia miliki berasal dari Kerajaan Majapahit. Untuk itu situs peninggalan Kerajaan Majapahit harus dilestarikan agar nilai-nilai tersebut dapat diwariskan sampai generasi mendatang," ujarnya.

Ia nyatakan sebagai situs pusaka World Monuments Fund (WMF) situs Kerajaan Majapahit ini sudah terancam punah. Ia juga menyatakan hal ini disebabkan banyak pemuda yang tak lagi sadar akan sejarah dan budaya.

Cartini mengungkapkan dalam sejarah Kerajaan Majapahit menciptakan akulturasi budaya, interaksi religi, hubungan humanitas dan interaksi pola pemikiran yang membentuk jatidiri Indonsia saat ini. Melalui peran penting Kerajaan Majapahit dalam percaturan dunia, kita mendapatkan inspirasi positif untuk menguatkan jejaring di tingkat dunia.

"Saya rasa orang yang waras pasti mengakui hal ini," tegasnya.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan oleh Yayasan Arsari mendapat respon luas biasa dari dunia internasional. "Kalau orang lain peduli kenapa kita sebagai generasi pewaris justru tidak," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement