Sabtu 22 Nov 2014 12:25 WIB

Pengamanan Objek Vital Diusulkan Hingga Tingkat Polsek

Pengamanan Objek Vital (Ilustrasi)
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Pengamanan Objek Vital (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Obvit) Polda Kalimantan Timur mengusulkan pengamanan objek vital diperluas hingga ke tingkat kepolisian sektor (polsek).

"Jadi kami usulkan kepada pimpinan agar di polres ada satuan pengamanan obvit dan di tingkat polsek ada unit pengamanan obvit," kata Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Heri Sulistianto di Balikpapan, Sabtu.

Ia mengatakan usulan tersebut bukan hanya untuk Polda Kalimantan Timur, tetapi menyeluruh di seluruh Indonesia. Kaltim menjadi salah satu pelopor usulan tersebut karena banyaknya objek vital di daerah ini.

Menurut catatan Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Kaltim, ada 26 objek vital nasional dan ratusan obyek vital yang tersebar dari Batu Kajang, Paser, di selatan hingga Berau di utara.

Dengan koordinasi ke polres-polres, ada bantuan personel dari Sabhara untuk pelaksanaan tugas-tugas pengamanan obyek vital.

"Bahkan juga bila diperlukan kita bisa mengerahkan prajurit Brimob, namun demikian, bila memiliki personel sendiri tentu pengamanan akan lebih cepat dan lebih efektif," kata Heri.

Obyek vital yang wajib diamankan polisi adalah tempat-tempat wisata yang ramai, kantor-kantor lembaga negara, kantor atau fasilitas perwakilan negara sahabat, kawasan tertentu yang bila terganggu mengancam hajat hidup orang banyak hingga melumpuhkan pendapatan negara.

Selain itu, kata dia, termasuk sejumlah kawasan tertentu di Kaltim adalah kilang minyak Pertamina Refinery Unit (Unit Pengolahan) V berikut kantor-kantor Pertamina di Balikpapan hingga Tarakan dan Nunukan di Kalimantan Utara.

Dia mengatakan kantor Bank Indonesia dan bank-bank pemerintah serta swasta kantor atau perwakilan negara sahabat, di Balikpapan, seperti kantor Tentera Diraja Malaysia (TDM) di Kampung Baru pengamanannya dibawah tanggung jawab Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Kaltim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement