Kamis 20 Nov 2014 15:45 WIB
Jaksa Agung Prasetyo

'Prasetyo Jadi Jaksa Agung, Lagi-Lagi Jokowi Kecewakan Publik'

Gedung Kejaksaan Agung.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Gedung Kejaksaan Agung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Politisi Partai Nasdem, HM Prasetyo akan menjadi Jaksa Agung setelah dilantik secara resmi Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI), Thamrin Amal Tomagola menyayangkan pemilihan Prasetyo sebagai Jaksa Agung.

"Belum sempat pulih dari kekecewaan atas kabinet penuh kompromi politik, publik lagi-lagi dikecewakan dengan Jaksa Agung pilihan Jokowi," kata Thamrin melalui akun Twitter pribadinya, @thamrintomagola, Kamis (20/11).

Thamrin mengatakan publik bertanya-tanya apa rekam jejak yang menonjol dan nyali gebrakan Prasetyo, politisi Nasdem, yang merupakan mantan Jampindum hingga layak jadi Jaksa Agung. Apalagi Nasdem adalah partai politik pendatang baru dalam arena perpolitikan Indonesia.

Mestinya, imbau Thamrin, Jokowi menunjuk seorang Jaksa Agung yang bukan politisi dan bukan terkait kepentingan bisnis apapun. Pasalnya hukum harus terbebas dari dua hal tersebut. "Saat di forum APEC, Jokowi sudah merayu para investor. Para investor butuh kepastian hukum yang tidak terjerat kepentingan politik-bisnis," sindirnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement