Rabu 19 Nov 2014 12:41 WIB

Jokowi Angkat Amien Sunaryadi Jadi Kepala SKK Migas

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Winda Destiana Putri
Indonesia's President Joko Widodo, popularly known as Jokowi (file)
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Indonesia's President Joko Widodo, popularly known as Jokowi (file)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengangkat Amien Sunaryadi menjadi kepala satuan kerja khusus pelaksana kegiatan hulu minyak dan gas (SKK Migas) yang baru. Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) pengangkatan Amien telah ditandatangai presiden pada Selasa malam.

"Kemarin malam saya menerima salinan Keputusan Presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan kepala SKK Migas. Keppresnya Nomor 189 Tahun 2014 tertanggal 18 November," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Rabu (19/11).

Sudirman menjelaskan, Keppres tersebut juga mengatur tentang pemberhentian permanen Rudi Rubiandini dari jabatan kepala SKK Migas. Rudi, yang kini ditahan KPK karena kasus suap, pernah menjabat sebagai kepala SKK Migas pada 15 Januari 2013 sampai 14 Agustus 2013.

Keppres juga berisi tentang pemberhentian Johannes Widjonarko, yang menjadi pelaksana tugas (Plt) kepala SKK Migas, menggantikan Rudi.

Menurut Sudirman, ada prosedur pemilihan kepala SKK Migas yang harus dilalui hingga akhirnya memunculkan nama Amien. Dia menjelaskan, mekanisme pemilihan kepala SKK Migas diawali dengan pengusulan lima nama kandidat dari Kementerian ESDM ke komite pengawas SKK Migas. Selanjutnya, komite melakukan seleksi dan mengkaji dokumen-dokumen yang berkaitan dengan usulan tersebut.

Pekan lalu, sambung Sudirman, komite pengawas mengembalikan usulan pada menteri ESDM. Komite pengawas menyisakan dua dari lima nama yang diusulkan. Kemudian, dua nama yang tersisa disampaikan pada presiden untuk dipilih dan ditetapkan dengan Keppres.

Masih dalam kesempatan yang sama, Sudirman sempat melontarkan pujiannya pada Amien. Ia menilai, Amien, yang pernah menjabat sebagai wakil ketua KPK periode 2003-2007, adalah orang yang memiliki integritas dan kompetensi tinggi.

"Saya, sebagai menteri ESDM merasa SKK Migas perlu diurus oleh seorang pejuang. Menurut pendapat saya, Amien memiliki kategori seorang pejuang," ucap Sudirman.

 

Menurut dia, saat menjadi pimpinan KPK, Amien adalah orang yang mendesain sistem kerja lembaga pemberantas korupsi tersebut. Amien, lanjut Sudirman, adalah sosok yang menaruh fokus pada sistem kelembagaan yang dibutuhkan SKK Migas.

Amien, yang akan dilantik pada Jumat mendatang kini sudah dihadapkan pada tugas besar SKK Migas. Sudirman mengatakan, Amien harus mampu membangun kembali kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang dipimpinnya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement