Ahad 16 Nov 2014 22:29 WIB

Ini Kesan Jokowi Usai Kunjungan Kerja Perdana ke Luar Negeri

Presiden Jokowi (Kiri)
Foto: VOA
Presiden Jokowi (Kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak punya kesan khusus setelah menjalani kunjungan kerja perdana sebagai orang nomor satu di Indonesia ke Cina, Myanmar dan Australia.

"Biasa saja," ucap Jokowi saat berbicara di dalam pesawat kepresidenan, sebelum mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Ahad (16/11).

Jokowi mengaku dalam lawatan perdananya ke luar negeri ada dua presiden yang cukup akrab dengannya, yakni Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. "Ya gak tahu, sering ngobrol kok," ujarnya.

Meski baru menjabat sebagai presiden, namun ia merasa tidak diperlakukan sebagai pendatang baru oleh pemimpin dunia yang hadir dalam KTT APEC, KTT Asean dan KTT G-20. Jokowi pun menilai para pemimpin dunia sangat menghargai Indonesia.

"Gak ada apa-apa mereka juga gak lihat kita pendatang baru. Mereka respek dengan negara kita. Karena selalu saya sampaikan, Indonesia negara muslim terbesar dan negara demokrasi terbesar. Demokrasi dan Islam bisa berjalan di Indonesia," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement