Sabtu 15 Nov 2014 04:14 WIB

Pembatasan Motor di Jalan Sudirman-Thamrin Minta Ditunda

Rep: c07/ Red: Esthi Maharani
 Pengendara roda dua melintasi jalur khusus bagi pejalan kaki di jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (16/10).  (Republika/ Tahta Aidilla)
Pengendara roda dua melintasi jalur khusus bagi pejalan kaki di jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (16/10). (Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi tidak sepakat dengan rencana Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan pembatasan motor dari Jalan Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat.

Ia juga meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk menunda rencana tersebut. Karena, kata dia, Pemprov DKI Jakarta belum mampu menyediakan transportasi massal yang memadai.

"Pemprov DKI bisa menerapkan kebijakan tersebut bila Dishub sudah mampu menyiapkan bus wisata tingkat gratis dan lahan parkir yang memadai untuk menampung ribuan motor," katanya, Jumat (14/11).

Selama ini, kata dia, sepeda motor merupakan pilihan transportasi warga Jakarta dan sekitarnya karena cepat dan praktis, khususnya saat menembus kemacetan lalu lintas. Sehingga jika transportasi pengganti tidak secepat dan sepraktis sepeda motor, kemungkinan besar banyak pengendara yang protes dengan kebijakan tersebut.

Rencana uji coba Pembatasan sepeda motor oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat akan dimulai pada Desember 2014. Uji coba tersebut dilakukan selama sebulan. Pembatasan dilakukan selama 24 jam. Sehingga sepeda motor sama sekali tidak boleh melintas di sepanjang ruas jalan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement