Kamis 13 Nov 2014 16:00 WIB

Badan Antariksa Eropa Optimistis Buktikan Awal Hidup Bumi Berasal dari Komet

Rep: c 01/ Red: Indah Wulandari
 Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko
Foto: sci.esa.int
Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko

REPUBLIKA.CO.ID,DARMDSTADT–Badan Antariksa Eropa yakin misi pendaratan robot, Philae di permukaan komet akan berhasil. Philae sendiri sudah mulai diturunkan oleh Satelit Rosetta menuju Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

“Kami telah menganalisa kometnya, kami sudah analisa medannya, dan kami yakin bahwa resiko yang kami miliki masih di area dengan rasio kesuksesan sebesar 75 persen,” ujar Manager Misi Badan Antariksa Eropa, Fred Jansen dilansir BBC, Kamis (13/11).

Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa medan komet yang sulit dapat menyebabkan Philae terlempar menabrak tebing. Ataupun terguling ke lereng curam, bahkan masuk ke dalam retakan, tapi Jansen tetap optimistis.

Seorang ilmuwan Inggris terkemuka yang juga turut andil dalam pendaratan ini, Professor Ian Wright menyatakan, seluruh risiko tadi sebagai bagian dari kegembiraan atas semua proses yang dijalani. 

“Eksplorasi memang seperti itu. Anda pergi ke tempat yang tidak diketahui, Anda tidak yakin tentang apa yang akan Anda hadapi,” jelas Wright.

Komet hampir selalu memegang petunjuk penting mengenai material awal yang turut membangun tata surya lebih dari 4,5 miliar tahun yang lalu. Suatu teori menyatakan bahwa komet-komet tersebut yang memiliki peranan dalam mengirimkan air ke planet-planet. 

Teori lain menyatakan bahwa ada kemungkinan komet-komet tersebut yang menanam senyawa-senyawa kimia yang dibutuhkan oleh bumi untuk memulai proses biologi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement