Kamis 13 Nov 2014 08:49 WIB

Jalur Kereta Api Ambarawa-Secang akan Diaktifkan Lagi

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Erdy Nasrul
Kereta api
Foto: Wahyu Putro/Antara
Kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Magelang- Secang- Semarang bakal terhubung kembali oleh jalur kereta api. PT Kereta Api Indonesia segera merealisasikan pembangunan kembali jalur yang telah lama 'mati' ini.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan, setelah proyek  reaktivasi Kedungjati- Ambarawa, kini telah disiapkan reajtivasi jalur Ambarawa- Secang-Magelang.

Perihal rencana tersebut sudah tertuang dalam MoU pada tahun 2013,  yang ditandatangani  Dirjen Perkeretaapian, PT KAI serta Gubernur Jawa Tengah, saat itu.

Terkait proses reaktivasi jalur kereta api Ambarawa- Magelang, tahapannya bakal dimulai dari ruas Ambarawa- Secang. Tahap berikutnya 'disambungkan, ruas Secang- Magelang.

Hanya saja, untuk jalur ruas  Jambu hingga Bedono, rencananya tidak akan memanfaatkan rel lama. Namun bakal dibuat jalur baru.

"Karena kontur alam sepanjang jalur ini merupkan perbukitan yang jamak terdapat trek tanjakan," tegas Suprapto di Semarang, Kamis (13/11).

Ia juga menyampaikan interkoneksi jalur kerta api ini sudah masuk dalam rencana strategis lima tahunan. Termasuk persiapan fasilitas untuk pembangunan rel ganda di jalur Ambarawa Kedungjati.

Konstruksi bahu rel, juga sudah disiapkan untuk rel ganda. Artinya jika nantinya rel ganda dibutuhkan, konstruksinya sudah siap.

Sesuai rencana, jalur ini bakal difungsilan untuk  kereta wisata. Selanjutnya untuk kereta komuter dan ke depan untuk kereta jarak jauh.

Jika jalur ini sudah terhubung, Jakarta- Ambarawa dan Magelang bakal terhubung dengan jalur kereta api. "Kalau warga Ambarawa ingin ke Jakarta tak perlu ke Semarang dulu. Namun cukup naik dari Ambarawa," tegas Suprapto.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement