Rabu 12 Nov 2014 17:55 WIB

Kerugian Akibat Puting Beliung di Ngawi Capai Rp 1 Miliar

Rumah yang hancur akibat angin puting beliung (ilustrasi).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Rumah yang hancur akibat angin puting beliung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NGAWI-- Kerugian materi akibat bencana alam angin puting beliung yang melanda beberapa wilayah di Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

"Sesuai data yang ada, bencana angin puting beliung pada Senin (10/11) lalu melanda di tiga desa di Kecamatan Paron. Yakni Desa Paron, Dawu, dan Gelung. Total ruginya diperkirakan capai Rp 1 miliar," ujar Bupati Ngawi Budi Sulistiyono, kepada wartawan seusai melakukan peninjauan di lokasi bencana Paron, Rabu (12/11).

Menurut dia, terdapat 10 rumah warga yang mengalami rusak berat, dengan lima rumah di antaranya roboh akibat angin kencang tersebut.

"Sedangkan rumah yang rusak dengan kategori sedang atau ringan, diprediksi mencapai sekitar 180 rumah," kata Bupati Budi Sulistiyono.

Pihaknya terus berupaya agar bantuan segera diberikan. Adapun besaran bantuan yang diberikan mencapai Rp5 juta untuk rumah yang roboh dan Rp 500 ribu untuk rumah yang rusak kategori sedang. Kemudian rumah rusak ringan akan diberikan bantuan bahan pokok.

"Pemberian bantuan dilakukan secara bertahap dan mengutamakan skala prioritas. Tentunya mengutamakan rumah warga yang roboh, supaya korban jangan sampai merepotkan tetangga dan dapat beraktivitas seperti semula," kata dia.

Bupati menambahkan, warga diimbau waspada saat musim hujan berlangsung. Hal itu mengingat wilayah Kabupaten Ngawi sangat rawan terjadi bencana alam saat musim hujan, baik bencana angin puting beliung, tanah longsor, maupun banjir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement