Selasa 11 Nov 2014 20:33 WIB

2015, Warga Rusia Bebas Visa ke Indonesia

Rep: Niken Paramita/ Red: Mansyur Faqih
Bendera Rusia
Foto: forbes.com
Bendera Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memberikan fasilitas bebas visa bagi penduduk Rusia yang ingin berkunjung ke Tanah Air. Mmenurut Ketua DPD Irman Gusman, kesempatan itu merupakan langkah dalam penguatan kerja sama Rusia-Indonesia di bidang pariwisata. 

"Mulai Januari 2015 dalam rangka meningkatkan wisatawan ke Rusia ke Indonesia, tidak diperlukan lagi untuk warga negara Rusia visa," kata Irman di sela penerimaan Ketua Dewan Federasi Rusia, Valentina Matviyenko, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/11).

Di depan Matviyenko, Irman mengungkapkan, Indonesia juga akan membuka penerbangan langsung dari Moskow-Jakarta dan Moskow-Bali melalui penerbangan Garuda Indonesia. Tujuannya, demi meningkatkan wisatawan Rusia ke Tanah Air. 

Kerja sama ini disambut positif oleh Matviyenko. Ia percaya inisiatif ini juga mampu meningkatkan angka kunjungan Rusia ke Indonesia serta kerja sama di sektor pariwisata. 

"Kami menilai sangat baik kesedian pemerintah Indonesia membebaskan Visa Rusia. Kami yakin prakarsa ini akan sangat mendorong kerja sama di bidang pariwisata antara Rusia dan Indonesia," kata Matviyenko. 

Ia melaporkan, kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia sudah mencapai 100 ribu orang per tahun. Sebelumnya Dubes Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun juga sempat menyebutkan kunjungan turis Rusia ke Indonesia masih terbilang kecil.

Karena, belum adanya penerbangan langsung dari kota koridor Rusia ke destinasi nasional Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement