Selasa 11 Nov 2014 17:13 WIB

Jakarta Bersiap Hadapi Musim Hujan

Rep: c66/ Red: Esthi Maharani
Pohon Tumbang - ilustrasi
Pohon Tumbang - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki musim hujan, sejumlah persiapan harus dilakukan di Ibu Kota. Tidak hanya masalah banjir, namun keamanan dan keselamatan pengguna jalan saat musim ini berlangsung harus diperhatikan.

Salah satunya adalah masalah dahan-dahan pohon kerap patah saat hujan terjadi. Bahkan, beberapa pohon yang memiliki usia cukup tua juga dikhawatirkan dapat tumbang. Kedua kondisi ini membahayakan para pengguna jalan, baik yang berjalan kaki maupun membawa kendaraan karena sewaktu-waktu dapat mengenai mereka.

"Kami sudah melakukan persiapan mencegah patahnya ranting, juga pohon yang tumbang dengan pemangkasan setiap tahunnya," ujar kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Nandar Sunandar, Selasa (11/10).

Ia menjelaskan, sebelum memasuki musim hujan yang biasanya dimulai dari Oktober hingga April, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI telah melakukan sejumlah pemangkasan pada ranting pohon yang telah menjuntai panjang. Pemotongan ini menurut Nandar sudah mulai dilakukan sejak sekitar tiga bulan yang lalu.

"Sudah dimulai sekitar tiga bulan lalu. Ini memang program kami secara rutin memangkas dahan-dahan pohon sebelum musim hujan dengan tujuan keamanan," tambah Nandar.

Namun, karena banyaknya pemangkasan yang harus dilakukan, Nandar mengaku belum seluruh wilayah di DKI yang bersih dari dahan-dahan pohon yang menjuntai ke jalanan. Hingga kini, pemotongan masih terus dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement