Kamis 06 Nov 2014 16:21 WIB

Unpad Luncurkan Buku Puisi Yesmil Anwar

Yesmil Anwar
Foto: dok pribadi
Yesmil Anwar

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR -- Bale Rumawat Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan sebuah acara peluncuran buku yang dikemas secara berbeda dari biasanya. Acara tersebut adalah peluncuran buku puisi karya Yesmil Anwar yang berjudul “Dari Sebuah Pegadaian”.

Acara ini diselenggarakan pada Senin (10/11) pukul 19.30 WIB bertempat di Bale Rumawat, Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Ini merupakan pagelaran ke-74 yang diselenggarakan oleh Bale Rumawat Unpad sebagai sumbangsih pada khasanah kesenian di Jabar.

Kepala UPT Humas Unpad Soni A Nulhaqim mengatakan, acara ini akan diisi dengan bedah buku oleh penyair kondang Soni Farid Maulana, perupa dan eseis Herry Dim, serta Eddy D. Iskandar, seorang penulis novel dan skenario film terkenal yang juga ketua Forum Film Bandung.

Penampilan menarik lainnya yaitu pembacaan puisi oleh tokoh tokoh Jawa Barat, seperti Deddy Mizwar (Wagub Jabar), Netty Heriawan (Ibu Gubernur), Ganjar Kurnia (Rektor Unpad), Agus Santoso (wakil PPATK), Godi Suwarna (penyair-dramawan), Miranda Risang Ayu (akademisi-koreografer), Imam Soleh (penyair-dramawan) yang juga bertindak sebagai presenter, Agus Safari, Johnmen, dan lain-lain. “Sebagai keunikan tersendiri, dalam acara ini juga para profesor akan beraksi membaca puisi,” kata Sono, Kamis (6/11).

Selain pembacaan puisi, acara akan dimeriahkan oleh musikalisasi puisi oleh Ferry Curtis dan Ina Iskandar. Sebagai pamungkas Erry Anwar dengan Teater “Bel”-nya serta Yusef Muldiyana beserta Teater “Laskar Panggung”-nya akan menyajikan teatrikalisasi puisi Yesmil.

‘Dari Sebuah Pengabdian’, merupakan sepilihan puisi (1975-2014) catatan perjalanan kepenyairan Yesmil Anwar, yang juga biasa dipanggil Yessi Anwar. Yesmil dikenal sebagai seniman dan seorang kriminolog, mendedikasikan karyanya pada usianya yang ke-60 tahun di tahun ini, bertepatan dengan Dies Natalis Unpad pada tanggal 11 September yang lalu. Karyanya ini didedikasikan untuk khasanah kesenian dan almamater, Unpad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement