Selasa 28 Oct 2014 14:08 WIB

Ini Dia Peraih Juara Kedua AJA 2014

Juara Aqua Jurnalistik Award 2014
Juara Aqua Jurnalistik Award 2014

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Tulisan kontributor LKBN Antara Biro Nusa Tenggara Barat Tri Vivi Suryani tentang pejuang air dari Dataran Dahaga di Bukit Ijo, Lombok Timur, akhirnya menyabet juara kedua dalam "Aqua Jurnalistik Awards (AJA) IV/2014".

"Saya terkesima mendengar ucapan Lalu Slamet yang mengatakan bahwa apa yang selama ini diperbuat sesungguhnya bukan apa-apa," ucap Vivi tentang tulisannya yang menyabet juara kedua dalam ajang yang diikuti 1.238 peserta dari seluruh Indonesia itu.

Juara pertama diraih Erik Purnama Putra dari Harian Republika dengan karya tulis 'Kondisi Citarum di Hulu dan Hilir'. Sedangkan juara ketiga digondol IGG Maha Aditra dari Ekuatorial.com dengan buah pena berjudul 'Konselor Air dari Padang Sabana'.

Dalam "event" bertajuk 'Air dan Kehidupan Untuk Indonesia Yang Lebih Sehat' yang hasilnya sudah diumumkan pada beberapa waktu lalu itu, Vivi menyertakan karya tulis berjudul 'Pejuang Air di Dataran Dahaga' yang sebelumnya tersiar lewat rubrik Spektrum LKBN Antara.

Tulisan dengan bahasa yang renyah itu mengisahkan perjuangan dan kerja keras Lalu Slamet Suryawan Sahak dalam membelah perbukitan demi menyelamatkan Desa Ijo Balit, Lombok Timur, dari kekeringan yang berkepanjangan.

Goresan kisah penulis yang jebolan Universitas Udayana itu menjadi salah satu pemenang lomba untuk kategori 'Karya Tulis Jurnalistik dan Umum', karena dinilai dewan juri telah menginspirasi publik tentang betapa pentingnya air dalam kehidupan.

Dewan juri yang memberikan penilaian pada lomba ini adalah Ninok Leksono (jurnalis senior Kompas dan Rektor Universitas Multimedia), Enny Nuraheni (fotografer profesional), Eko Maryadi (Ketua Aliansi Jurnalis Independen/AJI), Oscar Motuloh (pendiri galeri foto jurnalistik LKBN Antara), dan Enda Naution (pegiat media sosial).

Selain itu, Cindy Rianti Priadi (pakar lingkungan dan dosen Teknik Lingkungan Universitas Indonesia) dan Prof Sasa Djuarsa Sendjaya (guru besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia). "Dengan penyelenggaraan AJA IV ini, diharapkan semakin banyak pihak yang turut terlibat dalam gerakan pelestarian air dan lingkungan," kata VP Corporate Secretary PT Tirta Investama Parmaningsih Hadinegoro.

Didampingi Direktur Komunikasi PT Tirta Investama Troy Pantouw, ia mengatakan Aqua Grup sebagai bagian dari masyarakat memiliki komitmen untuk berkontribusi pada terjaganya kualitas dan kuantitas air melalui inisiatif keberlanjutan Aqua Lestari. "Kami berupaya untuk melibatkan seluruh pihak agar manfaatnya dapat berkelanjutan. Media massa menjadi kunci penting untuk memberikan inspirasi agar seluruh pihak mampu untuk ikut terlibat," kata Parmaningsih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement