Selasa 28 Oct 2014 08:45 WIB

TKW Sukabumi Korban Penyiksaan Masih Tertahan di Arab Saudi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Seorang tenga kerja wanita (TKW) asal Kota Sukabumi yang menjadi korban penyiksaan masih tertahan di Arab Saudi. Padahal, awalnya korban bernama Papat Fatimah akan dipulangkan ke tanah air sebelum Idul Adha lalu.

Data dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) menyebutkan, Papat Fatimah merupakan TKI asal Kampung Leles, RT 01 RW 16, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Sukabumi. Papat diberangkatkan menjadi TKI oleh PT Safari Amal Sejati, Jakarta pada 2009 lalu.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jabar, Jejen Nurjanah mengatakan, hingga kini belum ada kepastian waktu pemulangan Papat ke tanah air. 

"Informasi terakhir dari KBRI menyebutkan Papat belum dipulangkan karena majikan belum mempunyai biaya," terang dia, kepada wartawan, Selasa (28/10).

Oleh karena itu katA Jejen, SBMI mendesak pemerintah pusat mempercepat pemulangan Papat. Rencananya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan meminta bantuan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) di Jakarta.

Jejen berharap, proses pemulangan Papat bisa dilakukan dengan cepat agar tindakan kekerasan dapat dihentikan. Terlebih, majikan sudah mengakui adanya tindakan kekerasan tersebut. Selain itu SBMI berupaya agar hak-hak TKI seperti gaji dapat diperoleh.

"Saat ini Papat masih bisa berkomunikasi dengan keluarga di tanah air,’’ terang Jejen. 

Dalam komunikasi tersebut Papat menceritakan mendapatkan penyiksaan dari majikannya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement