Senin 27 Oct 2014 14:38 WIB

Menteri Pariwisata Baru Diminta Cepat Beradaptasi dengan Industri

Arief Yahya
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Arief Yahya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi industri biro perjalanan wisata yang tergabung dalam Asita menyatakan Arief Yahya yang mendapatkan amanat sebagai Menteri Pariwisata Kabinet Kerja 2014-2019 akan mampu mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia.

Ketua Asita Chapter DIY Edwin Ismedi Himna di Jakarta, Ahad malam, menyatakan rasa optimistis dan keyakinan ketika jabatan Menteri Pariwisata dipangku oleh tokoh profesional.

"Bukan dari partai, kami berharap beliau akan cepat beradaptasi dengan para pelaku industri. Karena pariwisata itu jelas perlu masukan dari pelaku-pelaku industri pariwisata seluruh indonesia," katanya.

Menurut dia, Arief harus mendapat masukan dari para pemangku kepentingan atau stakeholder terutama dari para pengelola destinasi favorit dan destinasi yang akan berkembang menjadi gate internasional.

"Target 20 juta wisman dalam lima tahun itu perlu kerja keras dan beliau harus didukung oleh pelaku. Beliau harus mengubah konsep dari yang lalu terlalu birokrasi. Ini saatnya beliau menunjukkan sinergisitas yang sebenarnya dengan pelaku, dan melibatkan pelaku di setiap event promosi di luar negeri," katanya.

Ia menyarankan agar Arief terus menguatkan brand destinasi wisata Indonesia di luar negeri.

Asita juga berharap tokoh profesional yang selama ini akrab dengan sektor IT akan mampu membangun sektor pariwisata berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk berkembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement