Ahad 26 Oct 2014 22:21 WIB

Komisaris Utama PT WIKA Jabat Menteri PU dan Perumahan Rakyat

Rep: C88/ Red: Winda Destiana Putri
Basuki Hadimuljono
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Basuki Hadimuljono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Jokowi telah mengumumkan susunan kabinetnya pada Ahad (26/10) sore. Di antara nama para menterinya, terselip nama Komisaris Utama PT WIKA, Basuki Hadimuljono.

Basuki didapuk menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ia menjadi Menteri Pekerjaan Umum menggantikan Djoko Kirmanto yang menjadi Menteri PU selama dua periode.

Basuki lahir di Surakarta, 5 November 1954. Alumni Teknik Geologi UGM ini pernah menjadi Ketua Tim Nasional Penanggulangan Lumpur Sidoarjo pada 2006-2007. Ia juga dipercaya sebagai Vice President International Commission on Irrigation and Drainage (ICID) sejak 2013 hingga saat ini.

Pria yang juga menjadi Anggota Dewan Pakar Persatuan Insinyur Indonesia ini meraih gelar masternya di bidang Civil Engineering dari Colorado State University AS pada 1989.  Selanjutnya ia menempuh jenjang S3 di bidang yang sama di Colorado State University dan lulus pada 1992.

Basuki merupakan birokrat senior di Kementerian PU. Sebelum ditarik menjadi Menteri PU, ia menjabat sebagai Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian PU. Pada 2006, ia menjadi Ketua Tim Independen Penanggulangan Kerusakan Jalan Tol Purbaleunyi dan Anggota Tim Nasional Penanggulangan Kerawanan Pangan Yahukimo, Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement