Ahad 26 Oct 2014 16:18 WIB
Kabinet Jokowi

‘Geng’ Universitas Gadjah Mada Dominasi Kabinet Jokowi?

Kampus UGM
Foto: beritajogya.com
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, menjadi orang – orang kepercayaan Presiden Jokowi. Mereka menmepati pos – pos kementerian strategis.

Rektor UGM, Prof Pratikno, misalkan, ditunjuk menjadi mensesneg, posisi yang dulu ditempati Sudi Silalahi. Alumni UGM lainnya, Anies Baswedan, juga masuk.

Lainnya adalah Retno LP Marsudi, yang dikabarkan jabat Menlu menggantikan Marty Natalegawa. Menkeu, Mardiasmo, yang sebelumnya menjabat Kepala BPKP, juga alumni UGM.

Jokowi sendiri dikenal sebagai alumni universitas tersebut. Tidak heran bila kemudian dia banyak merekrut 'teman-temannya' untuk masuk dalam kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini berencana memperkenalkan para calon menterinya ke publik sebelum dilantik secara resmi menjadi anggota kabinet pada Senin 27 Oktober 2014.

Namun, kini muncul kekhawatiran bahwa kabinet baru nanti tak steril dari kelompok neoliberal sehingga akan menyulitkan duet Jokowi-Jusuf Kalla mewujudkan cita-cita Trisakti agar Indonesia menjadi negara yang berdaulat secara politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement