Sabtu 25 Oct 2014 21:22 WIB

'Car Free Day' tak Berlaku Besok, tapi Jalan Tetap Ditutup

Rep: c82/ Red: Mansyur Faqih
Car Free Day (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Car Free Day (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari tanpa kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jalan MH Thamrin hingga Sudirman tidak diberlakukan besok, Ahad (26/10). Karena ada acara Jakarta Marathon 2014 yang melewati kedua jalur tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan, meski tidak ada CFD, kendaraan tetap tidak diperbolehkan lewat.

"Jadi kegiatan CFD seperti sepeda atau pameran-pameran itu ditiadakan. Kendaraan dilarang masuk dari jam 4 pagi sampai berakhirnya marathon diperkirakan jam 12," kata Akbar kepada Republika, Sabtu (25/10).

Mengenai pengalihan arus, Akbar menjelaskan, akan diterapkan pada waktu yang berbeda. Jalan-jalan yang menjadi tempat start dan finish pelari akan ditutup total sejak awal hingga akhir acara. Seperti Jalan MH Thamrin, Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Barat.

Sedangkan, jalur lain yang sudah dilewati oleh pelari paling akhir akan langsung dibuka. "Seperti Jalan Gajah mada, Hayam Wuruk yang awal dilalui itu berakhirnya lebih awal. Jadi kalau pelarinya sudah lewat sekitar jam 9, jam 10, bisa dibuka lebih dulu," jelasnya.

Acara Jakarta marathon akan dimulai pukul 05.00 WIB dan diperkirakan akan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Acara tingkat internasional yang kedua kalinya diselenggarakan tersebut akan diikuti oleh sekitar 14.120 pelari dari dalam dan luar negeri.

Sebanyak 800 personil Polda Metro Jaya dan 750 petugas dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan diterjunkan untuk menjaga keamanan, kelancaran dan kebersihan lingkungan terkait acara tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement