Selasa 21 Oct 2014 00:10 WIB

'Jokowi Presiden Indonesia, bukan Jatim atau Jateng'

Rep: C91/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Pelantikan Jokowi
Foto: VOA
Pelantikan Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo harus memperlakukan seluruh Provinsi yang tak memenangkannya dengan cara sama seperti ke Provinsi lainnya. Menurut Pengamat Politik dari Indo Barometer, Muhammad Qodari, Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia, bukan Presiden Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Beberapa daerah yang tak memenangkan Joko Widodo di antaranya Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Barat. "Saya nggak percaya kalau Jokowi akan memperlakukan  berbeda," kata Muhammad, saat dihubungi Republika, Selasa, (21/10).

Baginya, seorang negarawan tak boleh memiliki sikap membeda-bedakan seperti itu. Apalagi bila ia menjabat sebagai Presiden negara.

"Jokowi sudah dilantik dan harus menjalankan sumpah seperti yang diucapkannya," ujarnya. Ia yakin mantan gubernur DKI Jakarta tersebut akan memperlakukan semua Provinsi dengan cara sama.

Ia menegaskan, bila ada yang berpikir Jokowi akan bersikap berbeda kepada daerah yang tak memenangkannya, maka itu termasuk pemikiran picik. Kemarin Joko Widodo dan Jusuf Kalla dilantik menjadi pemimpin baru negara periode 2014-2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement