Selasa 21 Oct 2014 12:03 WIB

JK: Thailand Pelajari Pengalaman Indonesia Tangani Konflik

Jusuf Kalla
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Thailand akan mempelajari pengalaman Indonesia mengenai cara menyelesaikan konflik yang selanjutnya akan diterapkan di negara Gajah Putih tersebut.

"Untuk itu mereka akan kirim tim ke sini untuk mempelajarinya dan diterapkan menyelesaikan konflik di Thailand selatan," kata Jusuf Kalla kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikan usai dirinya menerima kunjungan Deputi Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Thailand Tanasak Patimapragorn dan rombongan.

Wapres mengatakan, Pemerintah Thailand sangat terkesan dengan kemampuan dan pengalaman Indonesia dalam menyelesaikan konfik yang terjadi di Indonesia, sehingga Thailand ingin mempelajari cara penanganan penyelesaian konflik.

"Tentu kita menyambut baik keinginan mereka dan kita siap untuk membantu," katanya.

Deputi Sekretaris Wapres Bidang Politik Dewi Fortuna Anwar mengatakan Thailand minta bantuan JK mengingat Wapres dinilai memiliki peran penting dalam menyelesaikan konflik di Poso, Sulawesi Tengah.

"Thailand minta bantuan untuk bisa memberi pengalaman penyelesaian konflik dan Pak JK bersedia membagi pengalaman," katanya.

Dikatakan, JK sangat memahami konflik di salah satu daerah di Thailand tersebut yang apabila dibiarkan bisa memicu perang saudara.

"Kondisi peropecahan di Thailand selatan tersebut sebenarnya mirip dengan kondisi di Indonesia pada tahun 1965," kata Dewi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement