Senin 20 Oct 2014 15:27 WIB

AJI Kota Bandung Gelar Film ‘Years of Blur’

REPUBLIKA.CO.ID,

BANDUNG -- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung bekerja sama dengan LBH Pers Yogyakarta menggelar roadshow film dokumenter ‘Years of Blur’. Acara ini akan digelar di Aula Kampus Kampus Stikom Bandung, Jl Soekarno-Hatta, Bandung, Kamis (23/10) pukul 17.00 WIB sampai selesai.

 

Acara dibuka dengan pemutaran film “Years of Blur”. “Film pendek berdurasi 40 menit garapan AJI Yogyakarta yang bercerita tentang kasus wartawan Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin, jurnalis Harian Bernas Yogyakarta,” kata Ketua AJI Kota Bandung Adi Marsiela, Senin (20/10). Udin meninggal 16 Agustus 1996, sehari sebelum HUT RI yang ke-51 (17 Agustus 1996).

Diduga kuat, Udin meninggal dibunuh karena berita-berita yang dibuatnya.

Semasa menjalani profesinya, Udin dikenal kritis. Ia banyak memberitakan kasus skandal korupsi.

“Namun rezim saat itu, tidak memberikan ruang bagi kebebasan pers. Dampaknya, tiap berita yang mengkritisi rezim pun pasti terror,” kata Adi.

Bahkan, kata dia, kasus Udin sudah 18 tahun dalam proses penyelidikan, dan belum ada tanda-tanda ke arah penangkapan pelaku. “Maka, roadshow ini bertujuan menumbuhkan kepedulian terhadap kasus Udin sekaligus kampanye terkait kebebasan pers dan anti-impunitas di Indonesia,” katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement