Senin 20 Oct 2014 10:18 WIB

Rieke: Kemenangan Sejati Ketika Jokowi Mampu Wujudkan Kesejahteraan Sosial

Rep: c87/ Red: Mansyur Faqih
Rieke Diah Pitaloka
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Rieke Diah Pitaloka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Dyah Pitaloka mengatakan, pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) merupakan awal perjuangan bangsa Indonesia untuk melanjutkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Alhamdulillah Pak Jokowi dan Pak JK, selamat menjadi presiden dan wakil presiden, ini adalah awal perjuangan bersama," kata Rieke saat memasuki gedung MPR menjelang pelantikan Jokowi-JK, Senin (20/10).

Kali itu, Rieke mengenakan kebaya warna merah lengkap dengan riasan sanggul. Menurutnya, presiden baru adalah harapan baru. 

Namun, pelantikan ini bukan kemenangan. Karenanya, dia berharap kegembiraan rarkyat tidak berlebihan. "Kemenangan sejati ketika Jokowi-JK mampu mewujudkan kesejahteraan sosial, tapi itu tidak bisa sendiri," ujarnya.

Dia juga berterima kasih kepada Jokowi yang membuka semangat baru dan membangkitkan kegairahan politik Indonesia. Karena itu, setelah Jokowi-JK dilantik tidak boleh ada kepentingan diri sendiri. 

Harus ada komitmen bersama konstitusi sebagai pegangan. Namun, janji itu tidak bisa hanya diwujudkan Jokowi-JK dan kabinet tapi kerja sama antara eksekutif dan legislatif. Sebab, keputusan diputuskan bersama-sama. 

Selain itu, saat ini adalah momen menggembirakan dilihat dari antusiasme rakyat yang diharap jangan sampai dijatuhkan tapi tetap dijaga.

"Ada banyak pe-er dari SBY yang rapornya saya katakan merah. Karena hak-hak konstitusional rakyat yang belum terpenuhi. Tapi terima kasih SBY, tetap menjaga suasana konsudif," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement