Ahad 19 Oct 2014 17:14 WIB

Ribuan Relawan Jokowi Siap Meriahkan Kirab Budaya Besok

Rep: C73/ Red: Bayu Hermawan
Relawan Forbes Jokowi mengunakan topeng saat aksi damai di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (15/10). Mereka menyambut pelantikan presiden terpilih pada Senin (20/10).
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Relawan Forbes Jokowi mengunakan topeng saat aksi damai di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (15/10). Mereka menyambut pelantikan presiden terpilih pada Senin (20/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Jokowi akan menggelar kirab budaya dan syukuran rakyat setelah Joko Widodo resmi dilantik sebagai Presiden ke-7 Indonesia. Acara tersebut berlangsung dari mulai Bundaran HI hingga Istana Negara.

Ketua Umum Kelompok Barisan Relawan Jokowi for Presiden (Bara JP), Sihol Manulang mengatakan sekitar 50 kelompok relawan akan turut mempersembahkan berbagai atraksi sebagai bentuk suka cita. 

"Ada sekitar tidak kurang dari 50 kelompok relawan, mulai dari relawan dari sejak awal kampanye hingga setelah pilpres," katanya kepada Republika, Ahad (19/10).

Menurutnya, besok Senin (20/10) sekitar pukul 09.00, para relawan telah berkumpul di sekitaran Bundaran HI. Setiap kelompok relawan menurutnya, memiliki pos atau tempat masing-masing di mana mereka berkumpul.

Ia melanjutkan, sementara dari kelompok Bara JP ada sekitar 5.000 relawan turut serta berkumpul di sana. Mereka akan mengenakan kaos putih.  Mereka akan menyambut presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla di Bundaran HI.

Selanjutnya setiap kelompok relawan akan mempersembahkan atraksi budaya mereka masing-masing. Untuk Bara JP sendiri, katanya, kelompok relawan yang dibentuk pada 15 Juni 2013 ini akan mempersembahkan beberapa atraksi budaya nusantara.

Mereka diantaranya akan menyajikan atraksi Barongsai, tarian Papua, Reog Ponorogo, musik bambu dari Sulawesi Utara, tarian melayu dari Sumatera Utara, dan tari perang Dayak dari Kalimantan Barat.

Sekitar 400 relawan dari Bara JP diterjunkan dalam atraksi tersebut. Menurut Sihol, atraksi digelar hingga Jokowi sampai di Istana Negara.

Selanjutnya, setidaknya 15 relawan dari 15 organ relawan diundang untuk ikut beserta Jokowi ke Istana Negara. Menurut Sihol, mereka merupakan perwakilan kelompok relawan yang turut mengiringi Jokowi dalam acara serah terima dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Para relawan menurutnya, akan mengikuti acara hingga malam berlangsung konser salam tiga jari di Monas, Jakarta Pusat.  Sihol mengatakan, pergelaran atraksi itu dilakukan dalam rangka menunjukkan pada rakyat dan terutama partai politik, bahwa Jokowi didukung oleh rakyat.

"Itu artinya rakyat mendukung Jokowi. Ketika pilihan rakyat terwujud, rakyat bersuka ria dengan kemampuannya sendiri," katanya.

Agar kegiatan besok berjalan lancar, Sihol mengatakan hari ini masing-masing kelompok relawan tengah mempersiapkan diri. Persiapan matang dilakukan, karena mereka tidak mau dibuat malu di depan Jokowi. Mereka menurut Sihol, mempersiapkan dari mulai kostum, kesiapan fisik, hingga latihan atraksi.

Namun menurutnya, latihan hanya dilakukan di tempat masing-masing kelompok relawan. Sementara untuk pemetaan setiap kelompok, ia mengatakan puluhan kelompok relawan akan berkumpul sore ini di Media Center Jokowi, di jalan cemara, menteng, Jakarta pusat.

Ia menambahkan, kelompok Bara JP adalah organisasi relawan pertama yang mencanangkan Jokowi, jauh sebelum dicalonkan oleh partai yang mengusungnya sebagai presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement