Senin 13 Oct 2014 13:06 WIB

Facebook Gandeng Ericsson dan XL Tingkatkan Kinerja Jaringan

Rep: Satya Festiani/ Red: Esthi Maharani
XL Axiata
XL Axiata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook menggandeng Ericsson dan XL Axiata untuk meningkatkan kinerja jaringan. Proyek yang digarap oleh Internet.org tersebut telah meningkatkan kinerja jaringan hingga 70 persen dari cakupan aplikasi (apps coverage) di jaringan XL Axiata.

Vice President Internet.org Chris Daniels mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk menghubungan dua pertiga penduduk dunia yang belum memiliki koneksi internet.

"Kita memiliki model untuk meningkatkan kinerja jaringan yang dapat diaplikasikan secara global melalui operator jaringan di dunia. Kita akan lebih efisien menggunakan kapasitas jaringan dan sumber daya yang ada," ujar Chris, Senin (13/10).

Kerja sama ini menciptakan metodologi baru untuk menghitung dan meningkatkan kinerja jaringan secara end to end. Proyek bersama ini mengembangkan kerangka kerja untuk mengevaluasi penggunaan melalui key performance indicators (KPI) yang didasarkan pada simulasi aplikasi Facebook menggunakan test agent dan dihubungkan melalui KPI dengan statistik jaringan.

Optimalisasi yang dihasilkan dari kerja sama tersebut adalah, jumlah connection completed dalam tiga detik meningkat hingga 70 persen, time to content mmeningkat hingga 70 persen dan upoad time meningkat hingga 50 persen.

CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi mengatakan, kerja sama yang menggabungkan operator, provider teknologi jaringan dan provider aplikasi merupakan merupakan yang pertama di dunia.

"Kami yakin bahwa app coverage merupakan hal yang penting. Apa yang terlihat dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics telah terbukti menjadi sebuah cara yang inovatif dan efisien untuk mendeteksi dan mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement