Kamis 09 Oct 2014 15:18 WIB

Jokowi Minta Bantuan Korsel dalam Pembangunan Tanggul Laut Raksasa

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Winda Destiana Putri
Jokowi-jk
Jokowi-jk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan Korea Selatan dalam pembangunan proyek tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall (GSW).

Jokowi mengatakan, Negeri Ginseng tersebut telah berhasil membangun sebuah tanggul laut raksasa di Saemangeum, tepatnya di sebelah barat daya garis pantai Korea. Kini, tanggul laut Saemangeum menjadi tanggul laut buatan manusia terbesar di dunia.

Karena keberhasilan tersebut, kata Jokowi, maka ia meminta Korsel untuk mendampingi pembangunan tanggul laut raksasa di Jakarta.

"Mereka punya pengalaman dari sisi perencanaan teknis dan supervisi di lapangan. Itu sudah disanggupi oleh pak menteri," ujarnya usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Yun Byung Se, di Balai Kota, Kamis (9/10).

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan segera memulai pembangunan tanggul laut raksasa di pantai utara Jakarta. Tanggul dibangun untuk menahan rob dan mencegah banjir. Selain itu, tanggul ini rencananya digunakan sebagai penampung air dan penyediaan air baku bagi warga Jakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement