Kamis 09 Oct 2014 12:29 WIB

Jokowi Mau Mulus Jalankan Pemerintahan, Mega dan SBY Harus Bertemu

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo bisa berjalan mulus. Syaratnya, Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri, dan SBY, duduk bersama. Keduanya harus sama – sama membicarakan kepentingan bangsa dengan arif dan bijaksana.

“Itu kunci keselamatan Jokowi,” imbuh Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, saat dihubungi, Kamis (9/10).

Selama lebih dari sepuluh tahun, keduanya tidak pernah duduk bersama. Kebuntuan komunikasi politik keduanya membuat bangsa ini terjerembab kepada situasi politik yang tidak menentu. SBY pada pemilu kemarin sempat menginginkan pertemuan dengan Megawati.

Hal itu bahkan diutarakannya lewat video youtube. Namun Mega tidak juga menyambut keinginan itu. Kalau saja keduanya bertemu, maka persoalan politik antara KIH dan KMP dipastikannya selesai.

Menurutnya, apa yang diinginkan SBY di akhir pemerintahannya adalah akhir yang baik. SBY sempat mengutarakan akan menyambut presiden terpilih dengan karpet merah. Dia ingin menghabisi tradisi lama yang tidak pernah mengapresiasi presiden terpilih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement