Kamis 09 Oct 2014 06:45 WIB

Jokowi Harus Kesankan Presiden, Bukan Petugas Partai

Kicauan tentang Denny JA tentang Jokowi.
Foto: Republika/Erik PP
Kicauan tentang Denny JA tentang Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi Jokowi di pemerintahan seolah terjepit. Itu setelah posisi ketua DPR dan MPR dikuasai Koalisi Merah Putih (KMP). Pengamat politik Denny Januar Ali menyarankan agar Jokowi bisa tampil sebagai seorang pemimpin Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"11) Koalisi Indonesia Hebat harus mainkan politik merangkul, bukan mengisolasi, jika tak ingin semakin terseok," ujarnya lewat akun Twitter, DennyJA_WORLD.

Pendiri Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) itu mengingatkan, Jokowi wajib tampil luwes untuk bisa mendapatkan dukungan Parlemen maupun masyarakat.

"12) Jokowi harus punya operator politik yang mampu memainkan lobi di parlemen dan dukungan opini publik," katanya. "13) Pertama-tama, Jokowi harus mengesankan bahwa dirinyalah komando tertinggi di Koalisi Indonesia Hebat."

Syarat lainnya, kata Denny, Jokowi sebaiknya bisa membuktikan diri untuk keluar dari bayang-bayang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Baca: Jokowi Jadi Presiden Terlemah Dalam Sejarah Indonesia).

"14) Jokowi harus mengesankan publik dan harus juga didukung oleh petinggi PDIP bahwa ia sekarang presiden, bukan "petugas partai" lagi.."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement