Rabu 08 Oct 2014 09:43 WIB

'DPD Kurang Solid'

Sidang paripurna pemilihan Ketua MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/10).
Foto: Republika/Agung Supriyanto/ca
Sidang paripurna pemilihan Ketua MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi PDIP Trimedya Panjaitan mengatakan dukungan anggota DPD kurang solid untuk mendukung paket pimpinan Koalisi Indonesia Hebat dalam sidang paripurna.

"DPD kurang solid," ujarnya, Rabu (8/10).

Paket pimpinan yang diusung partai Koalisi Indonesia Hebat adalah Calon Ketua MPR Oesman Sapta Odang yang berasal dari DPD, dan empat calon wakil ketua, yakni Ahmad Basarah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Imam Nahrawi dari Partai Kebangkitan Bangsa, Patrice Rio Capella dari Partai Nasional Demokrat, dan Hazrul Azhar dari Partai Persatuan Pembangunan.

Namun, paket pimpinan tersebut 'dikalahkan' oleh Koalisi Merah Putih yang mengusulkan Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional, Mahyudin dari Partai Golkar, E.E. Mangindaan dari Partai Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera, dan Oesman Sapta Odang yang merupakan wakil DPD.

Sidang yang sangat alot berujung pada voting. Hasilnya, KMP mengantongi 347 suara, sedangkan KIH mengantongi 330 suara dari 678 suara yang diperebutkan. Satu suara dinyatakan abstain.

Pemungutan suara untuk menentukan pimpinan MPR dilakukan sejak pukul 00.10 WIB hingga sekitar pukul 03.00 WIB, Rabu dini hari. Setelah itu dilakukan proses penghitungan suara. Pengucapan sumpah jabatan, dilakukan langsung pada Rabu dini hari.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement