Selasa 07 Oct 2014 06:26 WIB

Pemkot Tangerang akan Beli Perahu Pengangkut Sampah

Rep: c81/ Red: Esthi Maharani
Sampah menggunung di sungai
Sampah menggunung di sungai

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG - Tangani sampah di Sungai Cisadane, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membeli perahu khusus untuk mengangkut sampah. Hal ini dilakukan guna memudahkan pengangkutan sampah yang ada si Sungai Cisadane.

"Kita sudah rencanakan untuk pengadaan perahu untuk mengangkut sampah yang ada disungai," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. Senin (6/10).

Ia menjelaskan selama ini pengangkutan sampah masih menggunakan perahu milik warga. Tak hanya membeli perahu, Arief juga mengatakan akan mengubah penanggung jawab persoalan sampah. Jika sebelumnya sampah di tangerang ditangani Dinas Pekerjaan Umum, ke depan akan ditangani Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Tangerang.

"Pengadaan perahu untuk mengangkut sampah ini akan dilakukan pada tahun 2015 mendatang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang M Taufik Syahzaeni,  mengatakan, rencana pengadaan perahu dilakukan untuk mengangkut sampah disungai yang saat ini menumpuk.

Dinas PU juga berencana untuk mempersiapkan tim atau petugas sebagai kelengkapannya. "Kita akan siapkan tim, jadi saat nanti pengadaan dilakukan seluruh instrumen sudah siap," kata Taufik, Senin (6/10).

Selain itu, Taufik selain pengadaan perahu, Dinas PU Kota Tangerang akan menyiapkan sarana penangkap sampah yang di desain sedemikian rupa untuk memudahkan menjaring sampah di sungai.

"Atau bila memungkinkan bisa juga dibuatkan bangunan air secara permanen khusus utuk menangkap sampah," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement