Senin 06 Oct 2014 15:50 WIB

BMKG: Jatim Wilayah dengan Periode Kering Terlama

kekeringan - ilustrasi
kekeringan - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Jawa Timur menjadi wilayah paling lama periode keringnya dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia pada tahun ini.

"Jadi wilayah Jawa Timur itu adalah wilayah yang periode hari tanpa hujannya paling panjang, yakni lebih dari atau di atas 60 hari. Selama kurun waktu 60 hari lebih belum turun hujan di sana," kata Kepala Subbidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Ardhasena Sopaheluwakan di Jakarta, Senin (6/10).

Ia mengatakan selain Jawa Timur, wilayah lainnya di Indonesia yang paling lama periode keringnya adalah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Sementara untuk wilayah lainnya seperti Jawa Barat masih ada spot hijau dan kuning yang artinya keringnya belum lama seperti di Jatim," kata dia.

Sedangkan untuk wilayah Sumatera, kata Ardhasena, adalah wilayah yang sedikit periode hari tanpa hujannya atau kering. "Di sana paling baru lima hari tanpa hujannya. Beda dengan wilayah Jatim," ujarnya.

Pihaknya menambahkan untuk musim hujan akan mulai terjadi pada bulan Oktober ini. "Sebagian wilayah Indonesia akan mulai masuk musim hujan pada awal Oktober ini. Puncak musim hujannya diprediksi akan terjadi pada periode antara akhir Januari sampai awal Februari 2014," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement