Ahad 05 Oct 2014 19:18 WIB

KMP Targetkan Menangi Seluruh Pilkada Sumsel

Rep: Maspril Aries/ Red: Erdy Nasrul
Koalisi Merah Putih mendukung pilkada melalui DPRD.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Koalisi Merah Putih mendukung pilkada melalui DPRD.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Koalisi merah putih (KMP) yang optimis di Sumatera Selatan (Sumsel) akan menyapu bersih pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang akan berlangsung di daerah ini pada 2015 menyusul disahkan Rangan Undang-Undang (RUU) Pilkada menjadi undang-undang yang mengatur pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD.

Nopran Marjani Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel akhir pekan lalu kepada wartawan mengatakan,  “UU Pilkada yang baru disahkan berlaku juga untuk Pilkada di Sumsel pada 2015 mendatang.  Tahun depan ada tujuh kabupaten dan kota melaksanakan pilkada.”

Menurut Nopran Marjani yang kembali terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sumsel, “Secara logika dan perhitungan di Provinsi Sumatera Selatan sangat menguntungkan koalisi merah putih. Koalisi merah putih sapu bersih pilkada yang akan berlangsung di Sumsel 2015 mendatang,” ujarnya.

Selain optimis calon dari KMP akan menang dalam pilkada, menurut Nopran pemilihan kepala daerah oleh DPRD  dapat menghemat biaya yang yang berasal dari APBD. “Termasuk si calon itu sendiri juga dapat menghemat biaya untuk ikut pilkada, juga konflik yang kerap terjadi di masyarakat tidak akan terjadi lagi,” katanya.

Sekretaris DPD Partai Gerindra itu juga mengingat agar calon kepala daerah yang diusung adalah sosok atau figur yang benar benar dikehendaki rakyat. Menurutnya, untuk bisa merealisasikan keinginan itu, partai politik anggita KMP akan membangun komunikasi politik baik dipusat, provinsi sampai ke kabupaten dan kota agar KMP tetap solid.

Nopran Marjani belum bersedia bicara figur calon dari KMP yang akan maju dalam pilkada pada tujuh kabupaten dan kota  di Sumsel tersebut. “Siapapun yang akan dijagokan nantinya akan dilihat sosok yang menjual di daerah yang bersangkutan namun mereka yang akan dimajukan sebagai kepala daerah tetap yang bernaung di bawah KMP.”

Mengenai siapa yang akan menjadi calon yang diusung KMP dalam pilkada 2015, menurut anggota DPRD Sumsel itu, akan ada pembicaraan lebih lanjut di koalisi. “Kita tidak akan mengedepankan ego, tapi secara profesional dan proporsional, Nantikan akan tahu di daerah A yang bisa dijual A, di daerah B yang bisa dijual B. Kami belum bisa menentukan jatahnya calon dari partai mana yang akan dijagokan dalam pilkada 2015 nanti,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement