Ahad 05 Oct 2014 14:07 WIB

Aher: Daging Saya Aman

Rep: c63/ Red: Joko Sadewo
Ahmad Heryawan (Aher)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ahmad Heryawan (Aher)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyempatkan menyembelih hewan kurbannya sendiri di rumah dinasnya di Pakuan, Bandung, Ahad (5/10).

Pria yang kerap disapa Aher itu menyembelih dua ekor sapi dan 12 ekor domba dibantu didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan Jabar Dody Firman Nugraha dengan tim pemeriksa hewan dari Dinas Peternakan Jawa Barat.

Selain menyembelih hewannya sendiri, Heryawan juga bertindak sebagai pemeriksa bagian dalam organ hewan kurbannya tersebut. Didampingi dengan petugas dari dokter hewan Dinas Peternakan Jabar, ia memastikan sendiri kelaikan daging hewan yang disembelihnya.

Dijelaskan petugas pemeriksaan hewan kepada Aher, sapi kurbannya tersebut laik untuk dikonsumsi. Pasalnya, organ dalam hewan mulai dari jantung, limfa, ginjal sampai paru-paru dikatakan sehat dan laik konsumsi.

"Sehat yah paru-parunya, enggak ada bintil-bintil, sapinya enggak ngerokok berarti, sehat ya bu dagingnya juga? aman," canda  Aher kepada wartawan.

Namun, untuk beberapa organ dalam tubuh hewan dombanya ada beberapa yang tidak laik untuk dimakan. Pasalnya saat diperiksa paru-paru hewan tersebut dikatakan rusak atau tidak sehat.

Kepada Gubernur, petugas menjelaskan terkadang ada beberapa hewan tampak fisik luar sehat, namun setelah diperiksa organ dalamnya baru diketahui berpenyakit. Namun untuk kategori tersebut, ada beberapa tingkatan daging mana yang laik atau tidak untuk dikonsumsi.

"Kalau seperti ini bagian dalamnya, di buang saja, dagingnya yang dipakai," kata petugas tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement