Senin 29 Sep 2014 17:00 WIB

Sukses Belajar dengan ICT IPB

IPB ICT Week
IPB ICT Week

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan IPB ICT Week (27-28/9) dengan tajuk Sukses Belajar dengan ICT IPB di Auditorium Common Class Room (CCR), Kampus IPB Dramaga (27/6).

Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa IPB angkatan 51 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, diantaranya Kuliah Umum dan Pameran Information and Technology (IT). Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber, diantaranya Dr. Idat Galih Permana, Dr. Irman Hermadi, Drs. Mahfuddin Zuhri, M.Si, Asep Mulyana, S.Kom, M. Kom, Siti Nuryati, S.TP, M.Si, dan Firman Ardiansyah, S.Kom, M.Si.

Tak ketinggalan, dalam gelaran ini juga tersedia booth layanan Information and Communication Technology (ICT) dari berbagai vendor dan expo seluruh fasilitas IT IPB yang dikelola DIDSI.

Direktur IDSI IPB, Dr. Idat Galih Permana memaparkan perkembangan ICT IPB, Webometrics dan Etika Komputer. Sosialisasi ICT sudah lama digelar di IPB. Namun ini adalah kali pertama digelar kegiatan kuliah umum dalam rangka sosialisasi ICT.

Direktur IDSI juga menghimbau mahasiswa untuk mempergunakan ICT dengan baik. Salah satunya adalah penggunaannya yang harus legal dan etis, yakni dengan menggunakan software yang legal dan sudah disediakan oleh DIDSI IPB. Dr. Idat juga memaparkan etika dalam menggunakan sosial media yang sangat populer di kalangan mahasiswa.

Tak ketinggalan, dalam Kuliah Umum ini juga dipaparkan tentang Layanan ICT IPB yang dapat diakses oleh mahasiswa. Terdapat beberapa layanan ICT untuk mahasiswa baru IPB diantaranya layanan internet, ID-IPB, Cyber Mahasiswa, IPB Microsoft Open Value Subscription for Education Solution (IMOVSES), Google Apps, Hotspot (WiFi), SIM Akademik, SIM Wisudawan, dan Portal Karya Ilmiah.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Humas, Kantor Hukum, Promosi, dan  Humas (KHPH) IPB, Siti Nuryati, S.TP M.Si menyampaikan materi terkait Penulisan Artikel Online. “Mengapa kita harus menulis? Menulis adalah aktivitas berbagi  ilmu agar memberi manfaat bagi banyak orang. Menulis merupakan sarana mengekspresikan ide dan gagasan,” ujarnya.  

Ia mengurai, banyak produk tulisan yang dapat dibuat oleh para mahasiswa dan bermanfaat bagi banyak orang diantaranya reportase (citizen journalism), hobi, pengalaman, curhat inspiratif, keilmuan/kompetensi, serta isu-isu populer yang ada di sekeliling kita. Dalam presentasinya, peraih Anugerah Penulis Muda Pertanian 2009 ini juga mensosialisasikan dan menekankan kepada para mahasiswa bahwa menulis itu mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement