Jumat 26 Sep 2014 17:50 WIB

Posdaya Jabar-Lampung Gelar Rakortas

Haryono Suyono
Haryono Suyono

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Puspa Lestari Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor didaulat sebagai pemenang pertama Lomba Posdaya tingkat Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus tingkat Korwil Jawa Barat I dan Lampung, Kamis (25/9).

Sementara, pemenang kedua dan ketiga Lomba Posdaya tingkat Korwil adalah Posdaya Nurul Ilmi Lampung, dan Posdaya Jaka Kencana Indramayu. Penganugerahan Posdaya berprestasi ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi dan Konsultasi (Rakortas) Posdaya Korwil Jabar I dan Lampung yang berlangsung di Auditorium Toyib Hadiwijaya Fakultas Pertanian Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Rakortas yang dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB Dr Hartoyo ini diikuti oleh ratusan kader dari 200 Posdaya se-Jabar I dan Lampung, 13 Perguruan Tinggi (PT) mitra, dan sejumlah perusahaan pendukung Posdaya. Ketigabelas PT tersebut adalah IPB, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, Universitas Djuanda (Unida) Bogor, Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Bogor, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Suryakancana Cianjur, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Subang, Universitas Wiralodra Indramayu, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro Lampung, dan Sekolah Tinggi Perikanan Bogor.

Tampak hadir dalam kesempatan ini diantaranya Wakil Walikota Bogor Ir. Usmar Hariman, Ketua Yayasan Damandiri Prof. Dr. Haryono Suyono, Ketua Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia LPPM IPB yang juga Ketua Korwil Jabar I Dr Pudji Muljono, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP5K) Kabupaten Bogor Ir. Farikah, M.M, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor Dra. Fetty Kondarsyah, M.Si.

Rakortas membahas capaian pemberdayaan Posdaya di wilayah Jabar-Lampung, gagasan pengembangan, serta sarasehan diskusi terbuka tentang pemberdayaan masyarakat dan training motivasi ekonomi dan sosial. Dalam sarasehan, terungkap sejumlah pertanyaan yang diajukan para kader Posdaya. Diantaranya adalah mengenai ragam pelatihan yang bisa diakses oleh para kader.

Ketua Yayasan Damandiri Prof. Dr. Haryono Suyono menegaskan, bahwa Posdaya merangkul semua kalangan penduduk, miskin maupun kaya. Menurutnya masih banyak penduduk kaya yang miskin kepedulian. Karena itu, melalui Posdaya diharapkan yang kaya dapat peduli dan membantu saudaranya yang belum mampu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement